Guru adalah pilar pendidikan. Oleh karena itu, keberhasilan pendidikan di suatu negara sangat dipengaruhi oleh peran strategis para guru. Itulah yang menjadi alasan kompetensi guru harus terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan zaman. Guru memiliki beban tugas yang sangat berat, tidak hanya bertanggung jawab kepada para anak didiknya tapi juga pada negara. Guru bahkan memiliki peran sentral dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pada hari Sabtu (30/10/2021), SMK Negeri 4 Metro mengadakan Workshop Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar Digital / Manual bagi Guru, dan sebagai Narasumber adalah Dosen STMIK Dharma Wacana Ibu Sita Muharni,. Narasumber memberikan materi tentang pengembangan bahan ajar secara digital dan manual dalam perkuliahan daring dan luring, sebagai penunjang guru dalam menyesuaikan Teknik belajar di masa pandemic covid-19 ini.

Bertempat di Aula SMK Negeri 4 Metro seluruh guru mata pelajaran Produktif dan adaptif normatif mengikuti kegiatan ini. Workshop ini memang diakui merupakan solusi dalam menyesuaikan dan mempersiapkan pembelajaran dalam perubahan kondisi yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, metode pembelajaran bauran dipersiapkan untuk menghadapi perkembangan kondisi Covid-19.

“Persiapan bahan ajar dan pengorganisasian bahan ajar digital sangat lah penting, serta mengedepankan perpaduan pembelajaran tatap muka (offline) dengan keunggulan-keunggulan pembelajaran daring (online) dalam rangka mencapai capaian pembelajaran”, pungkas Skunda Putra Rencanawan, Waka bagian kurikulum SMK Negeri 4 Metro.

By aa usep